Jumat, 06 Januari 2012

Pertentangan sosial dan integrasi masyarakat


Biyasanya pertentangan  sosial  terjadi karena terjadi  di akibatkan oleh sebuah masalah kecil yang menyangkut dua orang kemudian meluas dan menjalar, melibatkan beberapa orang ,golongan atau wilayah yang di sertai dengan tindak kekerasaan  yang sangat merugikan . sebagai contoh dalam ruang lingkup kecil seperti dalam keluarga maupun hidup bertetangga selalu ada pertentangan sosial yang di akibatkan oleh masalah peribadi  ataupun masalah kelompok.

Pertentangan sosial akan menimbulkan masalah yang sangat besar karena dapat menimbulkan terjadinya suatu perpecahan terhadap suatu Negara oleh sebab itu maka bangsa Indonesia harus bersatu dan sebagai individu seharusnya kita tidak mementingkan rasa egoisme masing-masing.

Sedangkan Integrasi sosial dapat di artikan sebagai proses penyatuan berbagai unsur dalam masyarakat,unsur-unsur yang di maksud adalah kelompok-kelompok  dalam masyarakat, seperti suku bangsa ,umat beragama dan lain-lain.

Oleh sebab itu maka kita sebagai warga Negara Indonesia yang memiliki berbagai macam suku,budaya yang bercampur menjadi satu sangat di butuhkan rasa kesatuan sehingga tidak terjadinya pertentangan sosial dan dapat menghasilkan suatu integrasi  sosial 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar