Jumat, 14 Oktober 2011

Peran pendidikan dalam pembangunan



Kita semua tau bahwa pendidikan ialah hal yang paling berpengaruh dengan pembangunan sebuah bangsa, bangsa Indonesia dapat berdiri karena orang-orang yang berpendidikan sebagai contoh bapak ir.soekarno beliau adalah lulusan THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB) dari situlah bungkarno memiliki wawasan yang luas sehingga beliau mampu untuk mendirikan bangsa Indonesia .

 Itulah sebagian contoh kecil betapa pendidikan sangat berpengaruh  terhadap pembangunan suatu bangsa tidak di pungkiri bahwa bangsa ini membutuhkan orang-orang cerdas demi membangun bangsa ini menjadi jauh lebih baik. Tapi sayang pendidikan di Indonesia masih sangat minim pemerintah hanya menetapkan wajib blajar 9 tahun atau setara SMP sedangkan sekarang seorang lulusan SMP tidak memiliki kemampuan apa-apa tetapi parahnya lagi  masih banyak  anak-anak Indonesia yang belum mengenyam bangku pendidikan mau di bawa kemana bangsa ini ???   Apa jadinya bila pembangunan di Indonesia tidak dibarengi dengan pembangunan di bidang pendidikan?.

Walaupun pembangunan fisiknya baik, tetapi apa gunanya bila moral bangsa terpuruk. Jika hal tersebut terjadi, bidang ekonomi akan bermasalah, karena tiap orang akan korupsi. Sehingga lambat laun akan datang hari dimana negara dan bangsa ini hancur. Oleh karena itu, untuk pencegahannya, pendidikan harus dijadikan salah satu prioritas dalam pembangunan negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar