Kuis minggu ke 9
Jelaskan dengan terperinci :
1. Apa yang
dimaksud dengan pasar monooli dan monopolistis ?
2. Apa yang
membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?
jelaskan dan berikan contoh ?
3. Jelaskan
bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara
grafik)
4. Jelaskan
kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5. Apa yang
dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawab :
1. Pasar monopoli adalah suatu bentuk
pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga
pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis"
Pasar Monopolistik adalah salah satu
bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa
tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik
tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter
tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya
2. Yang membedakan pasar monopoli dan
monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di
pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya
tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya
mempunya satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar
dalam pasar monopoli
3. Keuntungan pasar monopoli yaitu
keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup orang,
biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak
dapat menentukan harga dengan semaunya
4. Kebaikan pasar monopoli yaitu penjualannya
cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga semaunya dan Kelemahan pasar
monopoli yaitu pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan
hanya terpusat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5. Pasar oligopoli adalah pasar di
mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar
oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat
dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan
produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk
menjauhkan konsumen dari pesaing mereka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar