Kuis Teori Organisasi Umum 2
Materi Perilaku konsumen
Soal :
1.
Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2.
Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih
mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.
Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam
analisa perilaku konsumen ?
4.
Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
5.
Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
1.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan
keinginan.
2.
Untuk mendesain bauran pemasaran, mensegmen
pasar bisnis, memposisikan dan
mendeferensiasikan produk, melaksanakan analisis lingkungan, mengembangkan
studi riset pasar.
3.
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti
perilaku konsumen.
-
Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal
yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus
group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen
dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
-
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional
yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan
behaviorial serta dari ilmu sosiologi.Pendekatan ini bertujuan mengembangkan
teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan
mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi,
membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
-
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains
marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan
statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model
matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk
memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi,
yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
4.
Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan
Status.
Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian
dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
Faktor Psikologi :
Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5.
Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh
keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli, apakah barang yang akan kita beli
itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan apakah bermanfaat untuk kita. Selain
itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan
mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar